Sunday, February 1, 2015

Suzuki nex Drag Bike, Merambah Balap 201 Meter!

Suzuki nex Drag Bike, Merambah Balap 201 Meter!

Merambah Balap 201 Meter - Suzuki nex Drag Bike. Tidak bisa dipungkiri, animo masyarakat di trek balap lempeng 201 meter makin hari makin tinggi.Lihat saja, pada tiap gelarannya penonton selalu penuh dan jumlah starter-nya membeludak.

Sebagai pebisnis di racing part aftermarket, Dodo Zulianto yang memiliki brand CLD mencium gelagat bagus di ajang drag bike. Memang enggak sebesar dan semegah kalau ikutan road race skutik, namun tim CLD Racing serius menggarap skutik drag.

Dengan memboyong bendera CLD LS Racing Team, memang apa yang dilakukan kru balap ini sedikit nyeleneh. Saat kelas Skutik Tune Up s/d 150 dihuni oleh brand Yamaha dan Honda, Ardiyanto Botak mengaspal dengan Suzuki nex.

Suzuki nex Drag Bike, Merambah Balap 201 Meter!

“nex ini yang dipakai balap skutik beberapa waktu lalu. Setingan mesinnya enggak ada yang diubah,” jelas Botak yang jadi mekanik sekaligus joki. Weeits, setingan balap skutik dipakai buat drag?

Tapi sah-sah saja mau pakai setingan apa untuk balap apa. Kejelasan setingannya seperti ini nih.

Modal awalnya, dengan memperbesar kapasitas mesin nex yang 110 cc jadi 150 cc atau paling tidak mendekati angka tersebut. Bore standar dirumahkan dan diganti dengan baru.

Suzuki nex Drag Bike, Merambah Balap 201 Meter!

Pasalnya, silinder baru tersebut dijejeli oleh piston Kawasaki Blitz Joy 125 cc dengan diamater 57 mm. Kedua langkah tersebut ternyata masih enggak memenuhi harapan kapasitas mesin mendekati 150 cc.

Bantuan dari pin stroke berlabel CLD dengan spesifikasi 1,5 mm. Ini yang kemudian membuat total kapasitas mesin meningkat jadi 148,4 cc. “Perbandingan kompresinya ada sedikit ubahan dari yang dulu dibuat balap skutik. Dari yang sebelumnya 13,1:1 jadi 13,4:1,” papar Botak.

Suzuki nex Drag Bike, Merambah Balap 201 Meter!

Setelah itu, ke bagian CVT. Pully riset milik CLD yang coakan rumah roller-nya lebih dalam, jadi langkah seting lanjutan yang diambil.

Tidak mau putaran mesinnya terlalu berat, maka pemilihan ukuran berat roller jadi penting.Dari beberapa kali bongkar pasang rumah roller, akhirnya Mikuni PE28, senjata andalan suplai bahan bakar. Sok belakang Daytona, nih juga dipakai saat balap pasar senggol.

Data Modifikasi
Piston : Kawasaki
Noken As : Standar
Stroke up : CLD
Intake : CLD
Roller : CLD
Pully : CLD
Per CVT : CLD
Knalpot : CLD
Karburator : Mikuni PE28
CDI : BRT
Estimasi Biaya : Rp 15 juta


Untuk Modifikasi lainnya yang lebih keren dan hot klik disini

1 komentar:

  1. "Selamat siang Bos ��
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete